Mudahnya Mencari Makanan Gratis di Mekah Saat Musim Haji

Jemaah haji menyantap makanan. Foto: Antara


MEKAH (Lampost.co)--Selepas zuhur, Selasa (29/8/2017), jemaah Indonesia di sektor 6 kawasan Syisyah, Makkah, bergerak menuju restoran. Mereka tak memesan atau membeli makanan untuk dibawa pulang. Sebaliknya, mereka memakannya di tempat tersebut.

"Setiap hari kami mendapat makanan gratis, terutama pagi dan siang. Saya enggak kenal dengan pemilik restoran, tapi mereka mengundang kami untuk mengambil makanan yang mereka sediakan, gratis. Kebetulan pas katering tidak beroperasi, bisa untuk lauk," kata Abdullah, peserta haji asal Bangka Belitung, sambil menunjukkan makanan yang ia ambil.

Rekan-rekannya juga mengambil makanan yang disediakan pemilik restoran. Bahkan, jemaah dari India ikut mengambil makanan gratis. "Ini untuk jemaah haji, gratis. Sedekah halal," kata pegawai restoran itu.

Jemaah kemudian berseru "Alhamdulillah". Menu yang tersedia selain lauk juga gorengan seperti lumpia dan pangsit. Terkadang menu yang disajikan adalah nasi mandi atau nasi Arab.

Untuk mencari makanan gratis dan air mineral di Kota Mekah sangatlah mudah. Warga Mekah membagikan makanan, buah-buahan, dan air mineral ke setiap orang yang lewat. Apalagi pada musim haji, para pemburu pahala ini berhenti di depan hotel-hotel jemaah dan membagikan makanan yang mereka punya.

Selain Mekah, hal sama dilakukan di Madinah. Di Masjid Nabawi, banyak perempuan membawa bekal sarapan untuk dimakan bersama di halaman masjid. Biasanya mereka mengundang siapa pun untuk sarapan bersama. Bahkan, anak-anak sering diajak ke masjid dan bertugas membagikan makanan kepada jemaah lainnya meski bukan saudara atau kerabat.

Mohamad Saheh, mukimin yang sudah tinggal di Arab Saudi selama 34 tahun, mengatakan bersedekah merupakan ciri khas warga di Tanah Suci.

"Mereka biasa melakukan itu. Ada makanan dibagi. Ada minuman dibagi-bagikan ke orang-orang yang lewat. Kalau bertamu ke rumah orang, tuan rumah pasti menjamu makan. Kalau tamu menolak makan, biasanya tuan rumah akan marah," kata Saheh.

Ketua Dewan Riset Islam Universitas Tabiah, Madinah Prof. Abdul Jabbar Asya'bi menjelaskan ajaran bersedekah telah dilakukan Nabi Muhammad SAW. "Barang siapa bersedekah di kota suci, maka akan berlimpah pahala," ujarnya.

Di dua kota suci Mekah dan Madinah, Nabi mengajarkan empat hal, yakni banyaklah bersedekah, dilarang saling berbantah-bantahan, dilarang berbicara kotor atau mengumpat, dan dilarang berbuat maksiat.

Untuk itulah tidak hanya warga Arab yang berlomba-lomba bersedekah, tapi jemaah pun tidak ketinggalan melakukan hal serupa.

Sedekah yang diberikan jemaah beragam. Mulai dari wakaf Alquran, wakaf kursi lipat untuk jemaah yang tidak bisa sujud saat salat, hingga wakaf kursi roda. Tak sedikit jemaah Indonesia membeli Alquran, kursi lipat untuk diwakafkan di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

Wakaf Alquran dimaknai untuk membumikan ayat-ayat Allah kepada umat manusia yang merupakan sumber ilmu pengetahuan, filsafat hidup dan keimanan. Bahkan pada zaman Nabi, sahabat-sahabat nabi membuat sumur-sumur yang kemudian diwakafkan untuk masyarakat.

Mengingat wilayah Arab sangat sulit mendapatkan air, maka sumur-sumur itu menjadi sumber kehidupan. Di masa sekarang sedekah air diwujudkan dengan membagikan air mineral. Banyak warga Makkah dan Madinah membagikan air mineral kemasan dan kurma untuk warga sekitar.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menjelaskan jiwa sosial itulah ciri-ciri kemabruran. "Seperti Nabi katakan, ciri-ciri kemabruran adalah punya kepekaan sosial dengan sesama. Peduli sosial dengan sekitarnya. Selain itu sebarkan salam sebagai bentuk perdamaian. Islam cinta perdamaian. Itulah kemabruran yang diharapkan Nabi Muhammad," ujar Lukman.

Sumber: https://goo.gl/ycno2U


EmoticonEmoticon