Arafah Hari Ini Dipenuhi Jutaan Jemaah Haji

Ilustrasi. Jutaan umat muslim berdoa di Jabal Rahmah, saat wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi. Foto:Lampost.co 


MEKAH  (Lampost.co)--Kesibukan warga Mekah meningkat sejak selepas subuh. Bus sudah lalu lalang memadati jalan-jalan utama di Kota Mekah, Arab Saudi.

Sejak kemarin, sekitar 2 juta jemaah haji mulai bergerak ke Arafah secara bertahap. Hari ini merupakan saatnya bagi jemaah untuk melakukan prosesi wukuf, yang merupakan puncak haji.

Jemaah haji Indonesia sejak kemarin sudah memenuhi lobi-lobi hotel menanti armada untuk mengantar mereka ke Arafah. Untuk menuju ke Arafah dilakukan secara bertahap.

Jemaah yang sudah berkumpul di lobi hotel diberangkatkan ke Arafah pada pukul 08.00 waktu Arab Saudi. Sejumlah petugas kesehatan terus mengecek kondisi para jemaah sembari mengingatkan agar para jemaah sering minum air, memakai masker, dan kacamata.

"Minum air yang banyak. Kalau sering ke toilet, tidak apa-apa karena di sana ada toilet. Jangan lupa menggunakan pelindung kepala karena udara di siang hari panas," kata Indah Setyawati, petugas kesehatan Kloter SOC 67, Rabu (30/8/2017).

Sebelumnya, sebanyak 396 jemaah asal Jawa Barat telah berangkat ke Mina untuk melaksanakan ibadah tarwiyah sebelum menjalani wukuf di Arafah.

Jemaah-jemaah itu dari Kloter JKS 47 Jawa Barat, yang terdiri atas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Masjid Salman ITB Bandung, Lembaga Haji Muhammadiyah Jawa Barat, dan KBIH Darur Hiqam Bandung. Mereka berangkat pada Selasa (29/8) selepas magrib.

Pemberangkatan dilakukan bertahap dari hotel nomor 503 di kawasan Syisyah bin Dawood, Mekah. Sementara, jemaah Indonesia yang telah mendaftarkan mengikuti tarwiyah dilaporkan tercatat sebanyak 16.497 orang.

Sumber: https://goo.gl/yvaHco


EmoticonEmoticon